Monday, May 13, 2013

Wow Ada Situs Yang Menjual Gereja, Online

situs yang menjual gereja di Amerika Serikat

Baru kali ini bertemu situs yang menjual rumah ibadah terutama Gereja. Di dalam situs satu ini bertaburan gereja gereja yang dijual lengkap dengan semua perabotannya. Tak jelas kenapa gereja gereja tersebut dijual. Adalah situs loopnet.com yang menuual dagangan tak lazim tersebut.

Saya buka salah satu iklan gereja yang dijual, adalah “gereja di Jalan gereja” alias Church on Church Street di Nort Carolina, Amerika Serikat. Alamat lengkapnya di 282 N Church Street, Concord, NC 28025 (Cabarrus County).  Sebuah gereja tua yang dibangun tahun 1906.

Mbah google memberikan sederetan situs serupa dengan kata kunci “282 N Church Street, Concord, NC 28025” bermunculanlah berbagai situs yang menjajakan gereja yang sama sebut saja di situs realestatecarolina.com yang menawarkan harga US$ 450,000 untuk gereja tersebut.

salah satu situs lain yang sama sama menjual gereja yang sama pada situs sebelumnya.
Lalu muncul juga di situs rinehartrealty.com yang menawarkan bangunan gereja yang sama dengan harga yang sama pula. Disebutkan dalam situs tersebut bahwa bangunan yang ditawarkan adalah Gereja siap pakai lengkap dengan ruas kelas, dapur, ruang makan dan kantor. Dilengkapi juga dengan piano yang termasuk dalam harga jual dan kelengkapan lainnya.

Masih ada beberapa situs lainnya yang menawarkan gereja yang sama seperti cityfeet.com dan buyahousecharlotte.com. Meski sampai sejauh ini tak jelas apa sebabnya gereja gereja tersebut dijual. Apakah karena sepi jemaah atau memang ada pengembang atau pebisnis property yang menghususkan diri membangun bangunan gereja bukan untuk digunakan tapi untuk dijual ?.

Kasus gereja ditutup karena sepi jemaat lalu dijual ke pihak lain sudah menjadi issue santer yang beredar di Inggris. Sebagian dari gereja gereja di Inggris tersebut beralih fungsi menjadi Masjid setelah dibeli oleh komunitas muslim setempat. 10 diantara bangunan gereja gereja di Inggris yang berubah menjadi masjid dapat anda baca di link ini. Apakah fenomena yang sama mulai merembet ke Amerika Serikat ?. ***