Tuesday, June 6, 2023

Uniknya Nama Nama Desa di Sumatera Selatan Berikut ini

Nama nama tempat di Sumatera Selatan berikut ini cukup unik. Dari yang bikin sumringah sampai yang bikin rada serem. Masing masing nama pastinya memiliki riwayat dan asal muasalnya sendiri sendiri meski lebih banyak yang kita tidak tahu. Berikut beberapa diantaranya.
 
Desa ALAI
 
Bukan ALAY tapi ALAI adalah nama desa di kecamatan Lembak, kabupaten Muaraenim.

Secara penyebutan nama, bunyinya sama dengan Alay, tapi ini bukan Alay yang itu loh, melainkan Desa Alai di kecamatan Lembak Kabupaten Muaraenim. Kecamatan Lembak itu bertetangga dengan kota Prabumulih. Kenapa ya namanya Alai? Entahlah. Siapa tahu ada netizen yang faham, bagi lah ceritanya di kolom komen ya.
 
Desa DURIAN REMUK
 
Kalau sudah remuk, tinggal dibikin tempoyak.

Ini tidak ada hubungannya dengan Desa Durian Runtuh-nya Upin Ipin ya, yang ini namanya Desa Durian Remuk di Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas yang bertetangga dengan provinsi Bengkulu. Bisa jadi awal ceritnanya juga dari Durian Runtuh, tapi begitu runtuh remuk lah dia-nya.
 
Desa KURUNGAN NYAWA
 
Namanya sangar bener.

Desa di kecamatan Buay Madang, kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) ini memang rada serem, Kurungan Nyawa nama desanya.
 
PULAU SALAH NAMA
 
The Wrong Name Island alias Pulau Salah Nama. Kok gak betulin ? kan salah?

PULAU SALAH NAMA adalah nama salah satu pulau di sungai musi yang berada diwilayah desa Prajen, Kecamatan Banyuasin 1, kabupaten Banyuasin. Jaman dulu namanya tidak begitu, nama asli pulau ini sebelumnya adalah “Pulau Non*k” karena pemberian namanya yang dianggap kurang senonoh, tidak nyaman untuk diucapkan, dianggap salah memberi nama, maka terkenal lah sebagai PULAU SALAH NAMA dan kini menjadi nama resmi-nya.            
 
Desa MERINDU
 
liat nama desa ini jadi inget lagunya Dato Siti Nurhaliza. . . . 

Mungkin dulu yang ngasih nama tempat ini lagi kangen kangen nya pada siaapaaaaa gitu. Desa MERINDU adalah salah satu desa di kecamatan Pagar Gunung, kabupaten Lahat.
 
Desa SUKAMERINDU
 
Kamu sukamerindu? 

Bagimu yang sukamerindu cocok untuk datang ke desa ini. Ada 6 Desa di Sumatera Selatan yang bernama Sukamerindu. Yaitu desa (1). Suka Merindu, Sungai Rotan, Muara Enim (2). Suka Merindu, Kikim Barat, Lahat (3). Suka Merindu, Merapi Selatan, Lahat (4). Sukamerindu, Pajar Bulan, Lahat (5). Sukamerindu, Suku Tengah Lakitan Ulu, Musi Rawas (6). Suka Merindu, Pemulutan Barat, Ogan Ilir
 
Desa LUBUK KEPAYANG
 
Bukan Mabuk Kepayang.

Sedang mabuk kepayang? Di lahat malah ada lubuknya loh. Adalah desa “Lubuk Kepayang” namanya berada di kecamatan Merapi Barat, kabupaten Lahat. Sebenarnya sih kepayang itu tidak ada hubungannya dengan asmara. Tapi nama buah dari pohon kepayang yang bila daging buahnya dimakan memang akan bikin mabok.
 
Tapi biji buahnya justru merupakan salah satu bumbu masak, digunakan antara lain untuk rawon dan coto makasar yang berkuah hitam. Buah kepayang juga disebut sebagai kluwek, keluwek, kluak, picung, atau pucung.
 
Desa PENANTIAN
 
Liriknya dimulai dengan "temukan dia untuk-ku . . . . . . . "


Entah siapa yang dinanti-nanti. Atau jangan jangan judul lagu grup band Armada justru terinspirasi dari nama desa desa ini? Ada 5 desa di sumatera selatan yang menggunakan nama Desa Penantian, yakni: (1). Desa Penantian, Pasemah Air Keruh, Empat Lawang (2). Desa Penantian, Pagar Gunung, Lahat (3). Desa Penantian, Kikim Barat, Lahat (4). Desa Penantian, Jarai, Lahat (5). Desa Penantian, Banding Agung, OKU Selatan
 
Desa MENANTI
 
Ku-MENANTI-seorang kekasih. . . yang terbaik yang datang di hari ini . . . 

Bila memang masih sabaaaaarrrr banget Menanti, mungkin kamu cocok ke desa ini saja, DESA MENANTI di kecamatan kelekar, kabupaten Muaraenim.
 
Desa BANPRES       
 
BANtuan PRESiden

Sudah bisa menebak asal muasal nama desa ini khaaan? Desa Banpres berada di Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas. Desa Banpres memang erat hubungannya dengan BANtuan PRESiden. Desa ini memang merupakan desa Transmigrasi, mayoritas warganya berasal dari provinsi D.I.Y dan Jawa Timur.
 
Desa MAINAN
 
Bukkan main. . . 

Dulunya memang tempat anak anak singgah bermain. Desa Mainan adalah salah satu desa di kecamatan Sembawa, kabupaten Banyuasin. Sejarah desa Mainan bermula sebagai tempat singgah sementara warga dusun Limau, Pulau Harapan dan Pangkalan Balai dalam perjalanan mereka ke Kota Palembang guna menjual hasil pertanian mereka melalui jalur sungai.
 
Dengan berjalannya waktu para warga tersebut mendirikan perkampungan dan disepakati untuk dinamakan Talang Mainan karena merupakan tempat anak-anak bermain selama tinggal singgah di Talang mainan. Secara harpiah “talang’ berarti dusun.***
 
Desa LUNAS JAYA

Aaaman lah pokoknya mah, udah lunas. . . . 

Nama desa ini benar benar bikin lega bila terjadi pada saat lagi banyak hutang J “Desa Lunas Jaya” berada di kecamatan Tanah Abang, kabupaten PALI - Penukal Abab Lematang Ilir. sudah lunas yaaa.*****
 

No comments:

Post a Comment