Monday, June 3, 2013

Dimanakah Daratan Bumi Paling Utara ?

Foto udara Kaffeklubben Island dari helikopter
Pulau Kaffeklubben atau orang Denmark menyebutnya Kaffeklubben Island, dalam bahasa Inggrisnya disebut The Coffee Club Island, sedangkan orang Inuit menyebutnya Qeqertaat.  Adalah daratan yang terletak di ujung paling utara planet Bumi. Tepatnya berada di laut kutub utara yang membeku.

Pulau ini berada di sebelah utara pulau Greenland pada titik koordinat 83°40′N 29°50′W. Pulau kecil yang hanya berukuran panjang kurang lebih 1 kilometer saja dan percuma memasukkan koordinat pulau ini di google earth atau google maps, yang muncul hanya laut biru saja.


Lokasinya berada hanya sekitar 713.5 km dari titik koordinat kutub utara bumi, disebelah utara Frederick E. Hyde Fjord, atau sekitar 37 kilometer ke arah timur Cape Morris Jesup dan ke arah barat dari Bridgman, sedikit ke timur dari titik pusat sepanjang pantai utara pulau Greenland.

Pulau Kaffeklubben pertama kali dilihat oleh penjelajah Amerika, Robert Peary di tahun 1900 namun tak pernah ada yang datang kesana hingga tahun 1921. Sampai kemudian penjelajah Denmark bernama Lauge Koch pertama kali menjejakkan kakinya di pulau itu tahun 1921.

Lokasi Kaffeklubben Island
Dia lah yang kemudian memberi nama pulau itu sebagai Pulau Kaffeklubben yang diambil dari nama kafetaria di museum Meneralogi Copenhagen – Denmark. Di tahun 1969 tim Kanada melakukan penghitungan dan menemukan fakta bahwa pulau ini berada 750 meter lebih utara dibandingkan dengan Cape Morris Jesup dan mengklaimnya sebagai titik daratan paling utara di planet bumi.

Klaim tersebut sempat beberapa kali dibantah oleh beberapa ilmuwan yang setelah itu menemukan beberapa pulau berukuran teramat kecil yang lokasinya lebih ke utara dibandingkan pulau Kaffeklubben ini. Salah satunya yang paling dikenal adalah pulau Oodaaq yang hanya berupa gugusan pulau teramat kecil berupa onggokan batu batu kerikil di tengah lautan es yang membeku.

Saking kecilnya pulau tersebut menjadi tidak permanen sebagai daratan dipermukaan air karena seringkali tergerus oleh bongkahan es, bergeser bahkan ternggelam dibawah permukaan laut es. Karenanya secara umum para ilmuwan tetap menganggap pulau Kaffeklubben sebagai daratan ujung bumi paling utara.***