Thursday, November 27, 2014

Sakura Bersemi di Pulau Batam

Sakura di sisi ruas jalan utama Muka Kuning - Batam. di latar belakang adalah menara Masjid Nurul Islam, Kawasan Industri Batamindo - Muka Kuning.
Sakura memang tekenal sebagai Ikon nya Jepang, meski bunga ini juga telah menyebar ke berbagai penjuru dunia dan keindahan mekarnya sakura juga sudah bisa dinikmati di luar Jepang seperti di Washington DC dan beberapa kota dunia lainnya. Sebagian kecil bunga jenis ini sekian tahun lalu ditanam oleh pengelola Kawasan Industri Batamindo – Muka Kuning Batam di dalam kawasan industri tersebut.

Jejeran pohon pohon ‘sakura’ tersebut sebagian besar ditanam di sekitar pintu dua kawasan Muka Kuning hingga ke pekarangan sekeliling Masjid Nurul Islam – Muka Kuning, Batam. Dan kini pohon pohon itu mulai berbunga, sangat indah menghadirkan suasana baru di antara panasnya cuaca Batam. Masjid Nurul Islam ini memang masjid utama dan pertama di Kawasan industri Batamindo. Meriah dan makmur jemaah sejak pertama kali berdiri dan kini semakin semarak dengan kehadiran bunga bunga yang bermekaran itu.

Sakura di halaman Masjid Nurul Islam - Muka Kuning, Batam
Saya punya kenangan khusus dengan masjid ini. Sekitar awal tahun 1996 hari itu Hari Jum’at seperti hari ini. Cuaca cerah saat saya dan seorang teman berangkat ke masjid ini. tiba disana, bagian dalam masjid sudah penuh sesak begitupun halamannya, mau tak mau kami berdua kebagian tempat di luar masjid tepatnya di halaman rumput sebelah selatan masjid. Cuaca masih cerah saat khutbah dimulai dan perlahan mendung menjelang khutbah berahir.

Dan benar saja, mendung makin pekat saat sholat akan dimulai. Takbir pertama, guntur menggelegar hujan turun mendadak begitu deras dan lebih deras lagi air yang mengguyur kepalaku yang berdiri tepat dibawah cucuran atap masjid. Sekujur tubuh basah kuyup sejak rokaat pertama dan setiap kali sujud harus menahan nafas karena hamparan sajadah yang tergenang air hujan. Usai sholat, sesama jemaah yang kebagian sholat diluar sepertiku tidak hanya saling besalaman tapi juga saling ledek karena sama sama basah kuyup. Itu salah satu momen tak terlupakan di Masjid Nurul Islam yang satu ini. 

Sakura di sisi ruas jalan utama Muka Kuning - Batam. di latar belakang adalah menara Masjid Nurul Islam, Kawasan Industri Batamindo - Muka Kuning.
bermekaran di depan masjid Nurul Islam
santai dulu ah. . . .