Thursday, October 8, 2015

CENGKEH, MALUKU & AIR MATA NABI ADAM



Anda tahu pohon cengkeh ?. itu loh, tanaman asli Indonesia yang tumbuh di kepulauan Maluku (Ternate dan Tidore), yang dahulu dikenal oleh para penjelajah sebagai Spice Islands, buahnya sudah menjadi bahan dagangan sejak ribuan tahun yang lalu. Cengkeh itu juga yang menjadi salah satu penyebab berbondong bondongnya "laron laron" penjajah Eropa berebut pengaruh untuk menguasai Nusantara.

Menurut hikayat, pohon cengkeh tumbuh dari air mata tobat nabi Adam. diceritakan bahwa setelah di usir ke Bumi, nabi Adam menangis sejadi jadinya di puncak gunung hingga air matanya bersimbah dan membentuk aliran sungai, dan dari air itu kemudian tumbuh pohon cengkeh.

Pohon cengkeh merupakan tanaman asli Nusantara, tepatnya dari kepulauan Maluku. Pohon cengkeh tertua di dunia masih berdiri di di Kelurahan Tongole, Kecamatan Ternate Tengah, sekitar 6 Km dari pusat kota Ternate.

Apakah Nabi Adam bertobat di puncak gunung di Maluku ?

pertanyaan berikutnya, tentu saja adalah; Apakah Nabi Adam diturunkan di Nusanatara, tepatnya di Ternate / Tidore pada saat “di usir” dari Surga ?.

buah Cengkeh yang mungil bercerita begitu panjang tentang sejarah Nusantara diantara peradaban dunia sejak ribuan tahun yang lalu.