Tuesday, February 2, 2016

Apakah Nganjuk Adalah Negeri Ngatas Angin ?

Candi Ngetos, Nganjuk
Pernah dengar “Negeri Atas Angin” atau “Negeri Ngatas Angin” ?. Apakah negeri itu adalah kota yang sekarang dikenal sebagai kota Nganjuk ?.  

Di desa Ngetos Kecamatan Ngetos kabupaten Nganjuk terdapat sebuah bangunan candi dari era Majapahit yang sudah tidak utuh dan dikenal sebagai Candi Ngetos. Mungkin karena berada di desa Ngetos lalu disebut candi Ngetos. Candi satu ini diperkirakan dibangun sekitar abad XV dimasa kekuasaan Majapahit, dan diperkirakan merupakan pusara dari Prabu Hayam Wuruk, Raja terbesar Majapahit yang bergelar Rajasa Negara.

Pada masa jayanya Desa Ngetos merupakan bagian dari wilayah Negeri Ngatas Angin yang merupakan Negara Bawahan Majapahit. Ngatas Angin dipimpin oleh Raden Condromowo yang kemudian bergelar Raden Ngabei Selopurwoto dengan patihnya bernama Raden Bagus Condrogeni. Raja Ngabei Siloparwoto adalah paman dari Prabu Hayam Wuruk yang suatu ketika berkunjung ke wilayah kekuasaan pamannya yang berada di lereng Gunung Wilis itu.  

Prabu Hayam Wuruk berwasiat kepada pamannya agar dibangunkan sebuah candi sebagai tempat pendharmaan abu jenazahnya apabila nanti dia telah wafat. Raja Ngabei Siloparwoto kemudian menugaskan Empu Sakti Supo (Empu Supo) untuk membuat kompleks percandian di Ngetos. Karena kesaktiannya maka dalam waktu yang tidak terlalu lama tugas tersebut dapat diselesaikan sesuai petunjuk.


Dipilihnya desa Ngetos sebagai tempat pendarmaan dirinya oleh Sang Prabu diperkirakan karena Gunung Wilis merupakan salah satu gunung suci di tanah Jawa, agar bangunan candi berada lebih dekat dengan kediaman para dewa. Karena menurut kepercayaan pada masa silam, puncak gunung merupakan kediaman para dewa.

Raja Ngatas Angin R. Ngabei Selupurwoto mempunyai saudara di Kerajaan Bantar Angin Lodoyo (Blitar) bernama Prabu Klono Djatikusumo, yang kelak digantikan oleh Klono Joyoko. Dua tempat dengan tempat yang nama nya sama sama menggunakan kata “Angin” dan dipimpin oleh dua orang bersaudara, pastinya bukanlah suatu kebetulan.

Kisah Negeri Ngatas Angin belum berahir sampai disitu. Legenda tanah Jawa juga menceritakan tentang sebuah Negeri Atas Angin yang kekuasaannya berpusat di Keraton Ngatas Angin dibawah pimpinan seorang Ratu. Bila Negeri Ngatas Angin-nya R. Ngabei Selupurwoto berada di Nganjuk yang kini pun terkenal sebagai Kota Angin, lalu Negeri Ngatas Angin-nya Keraton Ngatas Angin itu kira kira ada dimana ya?. Atau ada dimana mana, karena toh angin pun ada dimana mana, atau bisa jadi yang dimaksud hanyalah sebuah perumapamaan yang nyata. ***