Saturday, June 17, 2017

Situ Abidin Miniatur Danau Toba di Bojongmangu

Situ Abidin saat musim hujan, untuk menyeberang ke pulau kecil di tengah danau mau tidak mau anda harus menggunakan perahu atau rakit bambu atau berenang jika mampu. (https://goo.gl/XP8zG3)

Di Bojongmangu kabupaten Bekasi, ada sebuah danau kecil atau dalam Bahasa sunda biasa disebut dengan Situ dan ditengah tengahnya ada sebuah pulau kecil, seperti layaknya danau toba dengan pulau Samosir ditengahnya, hanya saja danau satu ini ukurannya mini, tidak segigantik ukuran Danau Toba, namun keindahan alaminya sih lumayan untuk menghibur mata dan hati.

Cocok Untuk yang Pengen Segera Sakti

Situ atau danau kecil ini cocok bagi siapa saja yang ingin segera sakti mampu menyeberangi danau tanpa bantuan perahu atau rakit, tanpa berenang dan tanpa basah, Caranya ?, datanglah kesana pada puncak musim kemarau. Anda otomatis menjadi orang sakti yg mampu menyeberangi danaunya dengan hanya Melenggang. ☺😄😃
.
Situ Abidin namanya, lokasinya berada di Bojongmangu, titik tertinggi di kabupaten Bekasi meski ketinggiannya hanya berkisar 400 meter dari permukaan laut. Dinamai dengan Situ Abidin sesuai dengan nama ulama penyebar Islam yang makamnya berada di pulau kecil ditengah tengah danau itu.


Masih Aseli

Situ Abidin ini berada di Kampung Bedeng, Desa Karang Mulya, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi. Bisa ditempuh dari Jalan Raya Cileungsi, dengan jarak tempuh sekitar 15 kilometer lewat Cibucil – Cibarusah. Atau bisa juga lewat Jalan Raya Cariu, dengan jarak tempuh sekitar 8 kilometer.

Sebagai sebuah danau alami, situ abini masih tampil alamiah belum ada sentuhan dari pemerintah kabupaten Bekasi untuk mempersoleknya sebagai sebuah objek wisata yang kebetulan lokasinya tidak seberapa jauh dari pusat pemerintahan kabupaten Bekasi di area Pentagon Deltamas.

Luas situ abidin sekitar 17 hektar, sebenarnya sangat leluasa untuk pengembangan wahana objek wisata air. Jika serius dikelola, bukan hal yang mustahil objek wisata alam ini bisa menjadi sumber PAD (pendapatan asli daerah) yang bisa diandalkan. Apalagi, insfrastrukturnya sudah lumayan bagus. Bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat. Jarak tempuh dari Pemkab Bekasi pun hanya sekitar 25 kilometer. Sekitar 30 menit perjalanan.

Makam Keramat

Di pulau ditengah situ abidin ini ada makam keramat, yaitu makan Mbah Uyut Bidin dan Mbah Uyut Lidam ada juga yang menyebutnya Kiai Abidin dan Kiai Sengkek Bean, yang pasti ditengah pulau kecil itu memang ada dua makam di lokasi terbuka tanpa nama dan satu makam di dalam bangunan tertutup. Makam keramat ini sering diziarahi orang.
Situ Abidin saat musim kemarau, tak perlu perahu atau rakit untuk menyeberang ke pulau ditengah tengah danau. (https://goo.gl/XP8zG3)

Berdasarkan kisah tutur disebutkan bahwa kedua tokoh ini semasa hidupnya merupakan ulama penyebar agama Islam di daerah Bojongmangu dan sering menunjukkan karomah layaknya wali, karena itu dikenal dengan Mbah Wali, informasi yang lain menyebutkan bahwa beliau semasa hidupnya adalah seorang mursyid juga dikenal dengan nama Kyai Syamsudin.

Angker

Konon tempat ini dikenal sangat angker karena merupakan tempatnya komunitas para siluman. Diantaranya, siluman Lembu, siluman Kuda, Siluman Ular dan Siluman Buaya Putih. lagi lagi konon ada yang ajaib dari danau Abidin, yaitu Pohon Kiray yang bisa bergerak sendiri dan berenang melawan arus dan ini sering disaksikan secara mata fisik oleh penduduk sekitar maupun para peziarah.

Benarkah demikian adanya, entahlah, namanya juga konon. yang pasti tempat ini memang masih sepi dan jauh dari keramaian. Kecuali bila anda memang berminat untuk uji nyali. Sejauh pantauwan kami saat hadir disana saat dinihari hingga ujung malam, suasana aman aman saja, memang ada sosok yang muncul sih, kucing meong meong dan dua warga setempat yang sedang ronda malam.***