Friday, July 4, 2014

Masjidil Haram sediakan 12 Ribu Kursi Roda Gratis

kursi roda gratis di masjidil aqso

Dalam upaya memberikan kenyamanan bagi para penyandang disabilitas, pelayan dua masjid suci telah menyediakan 12 ribu kursi roda gratis bagi Jemaah yang membutuhkannyannya untuk mempermudah perjalanan ibadah selama di dalam Masjidil Aqso. Kursi kursi roda tersebut terdiri dari 12 ribu kursi roda standard dan masih ditambah lagi dengan 110 kursi roda berpenggerak listrik.

Kursi roda standard tersedia di kantor masjid di pelataran sebelah timur dan Ajayd. Sedangkan kursi roda berpenggerak listrik tersedia di kantor di Al-Safa di lantai satu, di kantor tersebut juga tersedia penyewaan kursi roda sebanyak 521 unit.

Kursi kursi roda ini ditangani khusus oleh Wheelchairs Administration dengan direkturnya Muslih Al-Mahmadi. Beliau mengatakan bahwa “ada begitu banyak relawan yang siap mendorong kursi roda tersebut selama penggunanya berada di Masjidil Haram”. Kursi kursi roda tersebut dapat digunakan oleh para Jemaah keluar masuk ke masjid melalui 10 pintu masjid termasuk Pintu Raja Abdul Aziz, pintu Ajyad baru, pintu Honain, Al-Safa, Escalator arqom, Eskalator Al-Marwah dan pintu Al-Marwah.

Kursi kursi roda itu juga diperbolehkan untuk dipergunakan di jembatan tawaf yang dibangun mengelilingi ka’bah dan mulai dibuka pada 27 Juli 2014 lalu, melalui jembatan Ajyad dan keluar melalui jembatan baru Qushasha di sisi Al-Marwa.

Sumber : arabnews