Friday, September 5, 2014

Mawar Hitam Tanda Kematian?

mawar hitam Helfety
Tak jelas benar mengapa bunga mawar dipilih oleh sebagian besar pria di bumi sebagai tanda cinta dan “perhatian lebih” dari seorang pria kepada wanita pujaannya. Dan kebanyakan yang dipakai adalah mawar mewah maupun mawar putih. Tapi bagaimana dengan Mawar Hitam? Apakah mawar hitam itu ada?

Helfety adalah sebuah kota di propinsi Sanliurfa, Turki. Di kota ini di masa yang lalu mawar hitam sempat di identikan dengan ilmu hitam bahkan dianggap sebagai tanda kematian. Mitos itu juga tersebar di berbagai bagian Eropa. Sementara di sebagian besar belahan bumi lainnya, mawar hitam lebih dianggap sebagai bunga yang hanya ada dalam dongeng. Namun nyatanya Mawar Hitam memang ada dan hanya tumbuh di Helfety meski mulai langka dan kamu juga tidak akan menemukan artikel tentang mawar hitam di Wikipedia sekalipun.

Mengapa bisa ada mawar hitam di sana? Daerah Helfety memiliki kondisi tanah yang langka dan berbeda dengan daerah lain. Iklim di sana yang dipengaruhi oleh sungai Eufrat menyebabkan kadar PH air tanah yang unik. Perpaduan inilah yang kemudian menghasilkan pigmen hitam. Pigmen alami itu bernama anthocyanin, yaitu kandungan warna alami yang juga terdapat pada raspberry dan blueberry.

Uniknya lagi bunga bunga ini hanya bewarna hitam selama beberapa bulan di musim panas selama sekitar 15 hari. Di musim yang lain warnanya cenderung bewarna magenta gelap atau masih tetap bewarna hitam meski bukan hitam pekat sebagaimana di musim panas.

Langka dan Hampir Punah

Langka, saking langkanya hanya sedikit saja yang tahu bahwa bung ini benar benar ada
Sayangnya, pembangunan bendungan besar di Helfety menggusur banyak lahan disana termasuk habitat alami bunga mawar hitam ini. Genangan air dari bendungan itu juga mengenggelamkan sebagian besar kota tua Helfety beserta semua bangunan dan infrastrukturnya termasuk bangunan masjid yang kini hanya tinggal terlihat menaranya yang menjulang dari dalam air.

Jumlah mawar hitam yang tumbuhpun makin sedikit dan hampir mengalami kepunahan. Pejabat dan warga setempat masih berjuang mempertahankan bunga langka ini sekaligus mempertahankan existensinya sebagai daya tarik wisata Helfety. Mitos keberadaan mawar hitam sebagai tanda kematian-pun kini terbalik, justru keberadaan mawar hitam menjadi tanda bahwa bunga bunga itu masih ada dan belum punah.

Sayangnya lagi hampir tak mungkin membudidaya bunga ini di tempat lain termasuk di kampong kita nih, soalnya sampai kini belum ada penelitian tentang kemungkinan menciptakan habitat tiruan yang mirip dengan habitat aslinya di Helfety bagi si Mawar Merah ini. Jadi bila pengen liat langsung ke unikannya, mau tidak mau harus ke Turki.


Dari berbagai sumber