Wednesday, July 24, 2019

Keluar Negeri Hanya Untuk Ke Toilet

Restoran Kalin harus terima nasip posisinya tepat di garis perbatasan antara negara Slovenia di sisi utaranya dan negara Croatia di sisi selatannya, ketika dua negara itu memerdekakan diri secara bersamaan dari Republik Federasi Yugoslavia di tahun 1991. Beruntung kini kedua negara itu sama sama bergabung di Uni Eropa sehingga tidak ada percekcokan diantara keduanya terkait garis perbatasan dan izin lintas negara.

Bila anda makan di rumah makan ini anda harus ke luar negeri bila butuh toilet. Dan itu hanya terjadi di restoran Kalin yang letaknya persis di garis perbatasan antara Negara Slovenia dan Croatia. Sebagian besar gedung restoran Kalin ini berada di kota Bregana wilayah Negara Slovenia, begitupun dengan meja meja makannya.

Hanya saja bila anda kebelet, mau tidak mau anda harus menyeberang perbatasan Negara ke Croatia, harap maklum karena posisi toilet di rumah makan ini berada di wilayah Negara Croatia. Itu terjadi karena garis perbatasan antara Slovenia dan Croatia tepat berada di dalam restoran ini. Slovenia di sisi utara dan bagian selatannya di wilayah Croatia.


Harap maklum, karena dua Negara ini dulunya satu Negara, sama sama bagian dari (bekas) wilayah Republik Federasi Yugoslavia yang sudah runtuh, dan kemudian semua Negara bagiannya memerdekakan diri termasuk Slovenia dan Croatia yang menyatakan kemerdekaannya dari Yugoslavia pada 25 Juni 1991.

Apa boleh buat restoran sudah terlanjur berdiri di masa itu dan kini kedua Negara baik Slovenia maupun Croatia sama sama sudah menjadi anggota Uni Eropa sehingga garis perbatasan Negara tidak lagi menjadi sesuatu yang krusial untuk diperdebatkan diantara para Negara Negara anggotanya.***

Rumah makan Kalin. Pot pot kembang dari batu itu adalah penanda garis batas negara antara Solvenia dan Croatia. dan garis batas itu membagi dua bangunan Rumah Makan Kalin yang tampak di foto menjadi dua wilayah Negara. 

Garis batas negara Slovenia dan Croatia di dalam Rumah Makan Kalin ditandai dengan garis kuning seperti pada foto di atas.

-----------------------------------
Follow akun instagram kami di @masjidinfo |  @masjidinfo.id  | @hendrajailani
------------------------------------

Baca Juga


No comments:

Post a Comment