Monday, July 8, 2019

Negara di Dalam Negara, Benarkah Ada ?



Bagi Negara yang menganut konsep kesatuan, Negara dalam Negara merupakan sesuatu hal yang terlarang. Bertolak belakang dengan Negara Negara yang menggunakan sistem federasi yang merupakan gabungan dari beberapa entitas Negara membentuk satu Negara serikat dengan memilih satu pimpinan nasional. Masing masing Negara bagiannya memiliki presiden atau pemimpinnya sendiri dengan hukum dan perundangan dan sistem-nya sendiri.

Sebut saja beberapa contoh seperti Republik Federasi Rusia yang terdiri dari sekian banyak Republik dengan presidennya masing masing namun berserikat membentuk Negara Federal Rusia. Yang paling dekat dengan Indonesia, sebut saja Negara tetangga kita Kerajaan Malaysia yang merupakan gabungan dari 13 Negeri dan 3 Daerah persekutuan.

Dari 13 Negeri tersebut, 9 Negeri merupakan kesultanan yang memiliki Sultannya masing masing, 4 Negeri lainnya dipimpin oleh Gubernur atau Yang Dipertua Negeri sedangkan 3 Daerah Persekutuan merupakan wilayah Federasi dan menjadi kewenangan “Yang Dipertuan Agung” selaku “Raja Malaysia”.

Negeri dan wilayah persekutuan Malaysia.
“Yang Dipertuan Agung” adalah gelar bagi Raja Federasi Malaysia, dipilih secara bergilir diantara 9 Sultan setiap lima tahun, sedangkan 4 Gubernur atau Yang Dipertua Negeri tidak memiliki hak pilih maupun dipilih, mereka hadir sebatas sebagai peninjau, karena Jabatan Gubernur atau Yang Dipertua Negeri dari 3 Negeri di Malaysia tersebut ditunjuk langsung oleh Yang Dipertuan Agung

Ada banyak Negara di dunia yang menganut konsep federasi yang rata rata dapat dengan mudah ditemukan cirinya dari nama resmi negaranya yang menggunakan kata “Federasi (Federation) atau Serikat (United). Meski diantara Negara Negara Federasi tersebut ada juga yang kemudian bubar dan masing masing Negara bagiannya berdiri sendiri seperti yang terjadi di bekas Republik Federasi Yugoslavia dan Republik Federasi CekoSlovakia.

Negara Dalam Negara Secara Geografis

Berikut ini bukan tentang sistem ketatanegaraan, tapi tentang letak geografis satu Negara yang seluruh wilayah daratan-nya berada di dalam wilayah Negara lain. Bukan karena pemberontakan atau sejenisnya tapi karena memang dari perjalanan sejarahnya memang merupakan entitas Negara tersendiri yang terpisah dari pemerintahan Negara yang secara geografis menjadi tempatnya berdiri. Negara Negara tersebut adalah sebagai berikut.

1. Kerajaan Leshoto

Kerajaan Leshoto, kerajaan kecil yang seluruh wilayah negaranya berada di atas gunung di negara Afrika Selatan.
Kerajaan Leshoto adalah Kerajaan yang berada di pegunungan di tengah tengah wilayah Negara Republik Afrika Selatan. Secara geografis, Leshoto merupakan satu satunya Negara di dunia yang seluruh wilayahnya berada di ketinggian lebih dari 1000mdpl. Titik terendah di Negara ini berada diketinggian 1400mdpl sedangkan titik tertingginya berada diketinggian 1800mdpl. Kota Maseru adalah ibukota Negara Leshoto sekaligus merupakan kota terbesar di kerajaan ini.

Kerajaan Leshoto berdiri pertama kali di tahun 1820, sempat dijajah Inggris sejak tahun 1868 dan memperoleh kemerdekaannya di tahun 1966. Luas wilayah Lesotho hanya mencakup 30.355 km2 atau sekitar 5% lebih kecil dibandingkan dengan luas wilayah provinsi Maluku Utara (31.982,5km2).

Seluruh wilayahnya tetap dingin sepanjang tahun dibandingkan wilayah Negara lain digaris lintang yang sama, karena letak geografisnya yang berada diketinggian. Leshoto juga merupakan anggota PBB, dan fakta sedihnya menyebutkan bahwa 40% penduduk Leshoto hidup dibawah garis kemiskinan.

2. Republik San Marino

Seluruh wilayah negara Republik San Marino berada di dalam negara Italia.
Republik San Marino merupakan satu dari dua negara yang letaknya berada ditengah tengah Negara Republik Italia. San Marino juga merupakan Negara dengan wilayah terkecil ke lima di dunia, dengan luas wilayah negaranya hanya seluas 61,2 km2 atau kira kira setara dengan luas wilayah kota Mataram (61,3 km2) di provinsi Nusa Tenggara Barat. Seluruh wilayah San Marino berada dipegunungan meski tak sampai di ketinggian 1000 mdpl, namun nyaris tak ada tempat yang datar di San Marino, tempat tertinggi di San Marino adalah Gunung Titano, terletak pada ketinggian 749 mdpl.

Namun hebatnya Negara kecil ditengah wilayah Italia ini adalah Negara dengan bentuk Republik tertua di dunia dibentuk pada tanggal 3 September 301 oleh Santo Marinus. Konstitusi San Marino diberlakukan pada 1600, adalah konstitusi tertua di dunia yang masih berlaku. San Marino merupakan anggota PBB sejak tahun 1992 dan anggota Majelis Eropa sejak tahun 1988 namun bukan anggota Uni Eropa meskipun mereka menggunakan mata uang Euro karena sistem keuangannya terintegrasi dengan Italia.

Nama San Marino sempat melambung di kancah balap mobil internasional F1 dengan gelaran Grand Prix San Marino (1981-2006), meskipun sebenarnya San Marino sama sekali tidak memiliki fasilitas lintasan Sirkuit, dan aslinya San Marino “meminjam” Sirkuit Imola di kota Bologna, Italia yang kini dikenal dengan nama Autodromo Enzo e Dino Ferrari.
                  
3. Vatikan

Vatikan adalah negara dengan wilayah terkecil di dunia, saking kecilnya negara ini berada di dalam kota Roma, Ibukota Italia.
Vatikan dengan nama resmi Negara Kota Vatikan atau dalam bahasa Italia disebut Stato della Città del Vatican, adalah Negara terkecil di dunia, yang seluruh wilayahnya berada di dalam tembok di tengah tengah kota Roma, Ibukota Republik Italia. Luas wilayah negaranya hanya sekitar 44 hektar atau kira kira setara dengan luas taman monumen nasional (48 Hektar) di Jakarta. Seluruh kota Vatikan sudah ditetapkan oleh Unesco sebagai cagar budaya dunia.

Sebagian besar warga Negara Vatikan tinggal di wilayah kota Roma yang notabene adalah luar negeri bagi Vatikan, termasuk para petinggi Negara-nya, karena memang beberapa properti milik Negara termasuk istana, berada dikota Roma diluar wilayah negara Vatikan. Hal tersebut juga berlaku bagi kantor para duta besar Negara Negara sahabat yang tidak berada di dalam wilayah Vatican melainkan di wilayah kota Roma, demikian juga dengan kantor kedutaan besar Republik Indonesia untuk Vatikan yang juga berada di Kota Roma bukan di Vatikan.

Vatikan belum menjadi anggota PBB, bersama sama dengan Palestina diakui sebagai peninjau di PBB. Uniknya, Vatikan merupakan salah satu dari sedikit sekali Negara yang mengakui keberadaan Taiwan (Republic Of China) sebagai sebuah Negara merdeka. Vatikan dipimpin oleh Paus yang menjabat seumur hidup dan dipilih oleh dewan Kardinal. Paus merupakan pimpinan ummat Katholik sedunia.

Negara dalam Negara dengan Akses Ke laut

Tiga Negara berikut ini juga merupakan Negara yang seluruh wilayahnya berada di dalam Negara lain, namun berbeda dengan tiga Negara sebelumnya, tiga Negara berikut ini meski seluruh wilayah daratan-nya “terkurung” di dalam wiayah Negara lain, mereka lebih beruntung karena memiliki akses ke laut lepas. Tiga Negara tersebut adalah sebagai berikut.

1. Republik Gambia

Nama Gambia juga merupakan nama sungai tempat dimana negara ini berada ditepiannya, seluruh wilayah negara Gambia berada di dalam wilayah negara Senegal.
Republik Gambia adalah Negara terkecil di benua Afrika bagian barat, seluruh wilayahnya berada di tepian sungai Gambia di tengah tengah wilayah Negara Republik Senegal, membentuk wilayah yang sempit memanjang di sepanjang aliran sungai Gambia. Bila dilihat di peta, dua Negara ini tampak unik karena wilayah Negara Senegal tampak seperti kepala dan wilayah Gambia tampak seperti lidah yang menjulur.

Meski seluruh wilayahnya berada ditengah Negara Senegal, Gambia masih beruntung karena wilayahnya yang berada di muara sungai Gambia menghadap langsung ke Samudera Atlantik, sehingga memiliki akses ke dunia luar tanpa harus melalui satu satunya wilayah Negara tetangganya. Kota Banjul sebagai ibukota negaranya berada di muara sungai Gambia.

Gambia merdeka dari Inggris di tahun 1965 dengan luas wilayahnya 10.500 km2 kira kira 7% lebih kecil dibandingkan dengan luas wilayah provinsi Gorontalo (11.257 km2) di pulau Sulawesi. Mayoritas penduduk Negara ini beragama Islam sehingga pada tahun 2015 hingga tahun 2017 nama Negara ini sempat berubah menjadi Republik Islam Gambia sampai kemudian dikembalikan lagi ke nama semula Sebagai Republik Gambia.

2. Kerajaan Monaco

Monako sejatinya adalah sebuah Kepangeranan atau Principality karena sejak awal negaranya berdiri, pendirinya menggunakan gelar Pangeran, dan tidak menggunakan gelar Raja. 
Kerajaan Monaco adalah salah satu Negara di Eropa yang secara geografis seluruh wilayah daratannya berada di dalam Negara Prancis, namun beruntung sisi selatan kerajaan ini menghadap langsung ke laut Mediterania, sehingga memiliki akses ke dunia luar melalui laut. Monako adalah Negara terkecil kedua di dunia dengan luas wilayah hanya seluas  2,02 km² (202 hektar) atau sedikit lebih kecil dibandingkan dengan luas Taman Buah Mekarsari (264 hektar) di Kabupaten Bogor. Dengan populasi sebesar 37.550 (2016) menjadikan Monako sebagai salah satu Negara dengan penduduk terpadat di dunia.

Monako memang unik, sejatinya bukanlah kerajaan melainkan hanya kepangeranan dan kepala negaranya-pun bergelar Pangeran tidak bergelar raja sejak pertama kali berdiri, dan karena letak dan luasnya, Monaco begitu tergantung kepada Prancis, sampai sampai kekuatan militernya pun mengandalkan militer Prancis, maklumlah kekuatan militernya tak lebih dari 263 orang saja. Kepala pemerintahannya (semacam perdana menteri) hingga tahun 2002 merupakan orang Prancis yang diajukan pemerintah Prancis untuk dipilih dan disetujui oleh Pangeran Monako selaku Kepala Negara Monako.

Sejarah Negara ini pertama kali didirikan tahun 1297 sebagai bagian dari kerajaan Genoa, Italia. Di tahun 1419 Grimaldi membeli Monako dari kerajaan Aragon dan menjadi penguasa disana, dan sejak 1612 penguasa disana menggelari dirinya dengan gelar Pangeran Dari Monako. Dan secara hukum Negara ini diakui kedaulatannya oleh Kekaisaran Prancis ditahun 1861 dengan perjanjian Franco-Monegasque, dan sejak saat itu Monako telah menggunakan bendera yang warnanya sama persis dengan bendera Indonesia.

3. Negara Brunei Darussalam

Bruneri Darussalam adalah sebuah Kesultanan meski memilih menggunakan nama resmi Negara Brunei Darussalam atau State of Brunei Darussalam.
Negara Brunei Darussalam secara geografis seluruh wilayah nya berada di dalam wilayah negeri Serawak, wilayah Negara Malaysia di pulau Kalimantan. Wilayah Negara Brunei juga terpisah menjadi dua bagian oleh wilayah daratan distrik Limbang, Negeri Serawak. Beruntungnya Wilayah sisi utara Brunei Darussalam ini menghadap langsung ke Laut China Selatan, sehingga selain memiliki akses ke dunia luar melalui laut, dua wilayah Brunei yang terpisah secara geografis juga dapat terhubung melalui laut. Luas wilayah Brunei Darussalam 5.765 km2 atau setara dengan luas provinsi Bali (5.780 km2).

Sepanjang sejarahnya, Brunei merupakan kesultanan yang menyandarkan hukum negaranya kepada hukum Islam, dan sejak meraih kemerdekaan penuh dari Inggris tahun 1988, Brunei melejit menjadi salah satu Negara paling makmur di dunia dengan GDP perkapita di tahun 2016 mencapai US$ 30.297 Dolar, dan dikatagorikan sebagai Negara maju di Asean bersama sama dengan Singapura. Tak hanya itu, Kepala Negara Brunei Darussalam, Sultan Haji Hasanal Bolkiah secara personal tercatat di deretan atas daftar orang orang paling kaya di dunia.

Penerapan syariat Islam di Brunei Darussalam beberapa tahun belakangan ini mendapatkan sorotan dan kritikan dari berbagai Negara dan tokoh dunia, Namun Sultan bersikukuh menerapkan syariat Islam di seluruh wilayah negaranya. Pemerintah Brunei juga menunjukkan sikap yang cukup berani dengan menetapkan wilayah territorial lautnya di Laut China Selatan hingga menyentuh wilayah yang hingga kini menjadi sengketa internasional.

Negara dalam Negara katagori lain-nya

Kerajaan Eswatini (d/h Swaziland)

Eswatini sebelumnya dikenal dengan nama Swazilan karena memang dibangun oleh orang orang suku Swazi. Kerajaan kecil ini terkenal di dunia karena kebiasaan Raja nya yang mengadakan kontes mencari istri baru untuk sang raja setiap tahun nya. 
Sebelumnya Negara kerajaan ini dikenal dengan nama Swaziland sebelum mengganti namanya menjadi Eswatini di tahun 2018 yang lalu. Eswatini mulai berdiri di abad ke 18 oleh suku Swazi, sempat dijajah Inggris dan meraih kemerdekaannya di tahun 1968 lalu bergabung dengan PBB ditahun yang sama. Luas wilayahnya 17.364 km2 atau kira kira 7% lebih kecil dibandingkan dengan wilayah provinsi Nusa Tenggara Barat (18.572 km2). Ibukota pemerintahannya berada di kota Mbabane sekaligus menjadi kota terbesar di Negara itu, sedangkan ibukota Legislatifnya berada di kota Lobamba.

Secara geografis, seluruh wilayah daratan Eswatini berada di dalam Negara Republik Afrika Selatan, namun demikian sebagian dari sisi perbatasan sebelah timurnya berbatasan darat dengan Negara Mozambik yang segaris dengan garis perbatasan Negara Afrika Selatan sehingga Negara ini masih memiliki tetangga lain selain Afrika Selatan.

Negara berbentuk Kerajaan ini terkenal di dunia bukan karena kemakmurannya tapi justru karena kebiasaaan raja nya yang menyelenggarakan perhelatan tingkat nasional tahunan untuk memilih calon istri baru. Tradisi itu sempat menuai kecaman internasional di tahun 2002 karena melibatkan gadis dibawah umur. Kasus gadis 18 tahun bernama Zena Mahlangu itu bahkan sempat menuai reaksi keras lembaga Amnesti Internasional, meskipun kemudian sang Raja baru menikahinya secara resmi di tahun 2010.

Berapakah jumlah istri dari Raja Eswatini ? Ah sudahlah, hanya akan bikin anda penasaran. Bayangkan bila setiap tahun tradisi mencari istri baru itu dilaksanakan sepanjang rajanya masih menjabat dan setiap tahun acara itu menarik antusias dari ribuan gadis dari berbagai penjuru negeri yang merasa memenuhi syarat yang telah ditentukan sang raja, mereka hadir di acara semacam karnaval dengan dandanan nya masing masing untuk memikat hati sang raja. Warbyasah bukan.***

--------------------------------------------------------------------------------------
Nukmati album foto #pokokemotret di Instagram @hendrajailani
--------------------------------------------------------------------------------------

Baca Juga


No comments:

Post a Comment