Saturday, July 27, 2019

Apakah Kue Jipang Berasal dari Negeri K-Pop?

Gak bisa bacanya. jangan jangan itu tulisannya "Jipang Asli Ti Garut"

Sejujurnya pertanyaan itu mendadak muncul ketika menerima oleh oleh camilan dari Korea yang dibungkus mirip permen. Sekilas tampak mirip kue Jipang atau kue Bipang, jajanan pasar yang populer di berbagai daerah di Indonesia. Dan tak dinyana begitu di coba ternyata itu memang kue Jipang. Saia gagal menemukan bedanya dengan rasa kue jipang yang ada di sini. Yang beda hanya kemasannya yang terlihat keren dan nginternasional.

Jangan jangan orang Korea ngejiplak Kue Jipang disini dan dibuat disana dengan teknologi modern lalu dikemas dengan kemasan menarik, dijual dengan jaringan perdagangan yang rapi dan ujungnya nyampe juga kemari? Eeeh. Atau malah terbalik, jangan jangan justru orang kita yang jual kue Jipang kesana dengan kemasan gaya Korea, trus justru adikku yang tertarik untuk beli dan dibawa pulang. Halah, Mending kita telusuri saja yuk, si Kue Jipang itu darimana asal muasalnya.

Jipang Manis.

Agak rumit juga menjejak asal usul kue Jipang itu, karena ternyata ada banyak daerah di Indonesia yang sudah menganggap kue Jipang sebagai panganan khas daerah mereka. Kue Jipang sudah diproduksi skala rumahan sejak masa penjajahan Jepang di Pasuruan (Jawa Timur).

Panganan tradisional sejenis itu juga merupakan jajanan khas Garut (Jawa Barat) dikenal dengan nama Berondong ketan karena memang terbuat dari beras ketan, kadang juga disebut berondong manis ataupun berondong garing. Bentuknya bundar tidak seperti Jipang pasuruan yang dipotong kotak kotak.

Jipang beras rasa asli gurih renyah.

Jipang juga merupakan panganan khas Banten dikenal dengan nama Gipang, bahannya juga menggunakan beras ketan dan gula pasir. Bentuk kuenya juga dicetak kotak kotak. Demikian halnya dengan di tanah Betawi (DKI Jakarta & Sekitarnya) yang juga mengakui Jipang sebagai panganan khas Betawi bersama sama dengan Berondong yang serupa dengan Jipang namun dibuat dari jagung.

Kue Jipang juga sudah turun temurun menjadi panganan khas masyarakat Jeneponto & Toraja (Sulawesi Selatan), masyarakat Jeneponto menyebutnya kue Ranggina, terbuat dari Beras ketan dan gula merah. Sedangkan Jipang Toraja dengan ciri khasnya menggunakan bahan beras ketan hitam dan gula merah.

Jipang warna wani.

Kemudian di Kebumen (Jawa Tengag) pun, Jipang diakui sebagai panganan tradisional setempat yang berasal dari desa Sidamulya, Kecamatan Karanganyar. Hanya saja Jipang khas Kebumen ini terbuat dari kacang tanah dan gula merah bukan dari beras.

Jadi, sebenarnya Jipang itu asal nya dari mana sih?

Bipangjangkar.com, produsen jipang yang sudah eksis sejak jaman Jepang di Pasuruan itu memberikan sedikit jawaban. Menurutnya Jipang adalah makanan ringan yang berasal dari negeri China. Nama Jipang berasal dari kata Bipang, yang dalam bahasa Mandarin Bi berarti Beras, dan Pang berarti Wangi. Diceritakan juga tentang asal muasal Jipang di Pasuruan yang pada mulanya dibuat oleh Pak Kwee Pwee Bok sejak masa penjajahan Jepang.

Merek legenda jipang Pasuruan.

Putra pertama beliau yang bernama Kwee Ik Sam kemudian menggunakan merek dagang “bipang jangkar’ untuk kue Jipang produksi mereka, terinspirasi dari letak geografis Pasuruan saat itu yang merupakan kota pelabuhan dan pembeli Jipang adalah para pelaut. Hebatnya merek dagang tersebut masih eksis di Pasuruan sampai saat ini.

Menurut saia nih ya, bisa jadi nama asli Bipang berubah menjadi Jipang, karena kue kering ini mulai populer di Pasuruan sejak jaman penjajahan Jepang, bukankah dalam khasanah sejarah Jawa nama Jepang juga seringkali disebut dengan Jipang. Barangkali atau mungkin begitulah. Lalu apa hubungannya dengan Korea? Kita ke Korea aja yuk, cari tahu langsung disana J.

-----------------------------------
Follow akun instagram kami di @hendrajailani
------------------------------------

Baca Juga


2 comments:

  1. Ada hubungannya gak sama daerah jipang gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kue Jipang & daerah Jipang berasal dari jaman yang berbeda. Kue Jipang mulai eksis di zaman penjajahan Jepang, sedangkan daerah Jipang muncul dalam sejarah kesultanan Demak.

      Delete