Tuesday, July 9, 2013

Bongkahan Batu Emas Menggantung Di Myanmar, Mau ?

BATU EMAS MENGGANTUNG DI MYANMAR. ada sedikit persamaan antara budaya Indonesia dan Myanmar di tempat ini. apa itu ?. Sama sama menyebut KYAI untuk benda atau mahluk sakral. Komplek pagoda ini dikenal dengan nama KYAI-KTIYO. 
Di komplek Pagoda Kyaiktiyo di Negara bagian Mon, Republik Myarnmar terdapat sebongkah batu besar bewarna emas yang begitu di sucikan oleh ummat Budha disana. Batu yang bertengger di tepian tebing di puncak gunung dan terlihat seperti akan segera tergelincir dan jatuh itu memiliki sejarah yang teramat panjang. Konon batu emas itu sudah ada disana sejak 2500 tahun yang lalu.


Konon, 2500 tahun yang lalu, batu emas tersebut menggelinding dan tidak jadi jatuh ke jurang karena tersangkut selembar rambut Sang Budha. Posisinya berdiri memang terlihat sangat menghawatirkan untuk jatuh sewaktu waktu, tapi nyatanya setelah 2500 tahun berlalu batu emas itu masih bertengger disana.


Ummat Budha dari berbagai pelosok Myanmar mengunjungi tempat itu sepanjang tahun dan menjadikan tempat ini sebagai tempat suci ketiga setelah Pagoda Shwedagon dan Pagoda Mahamuni. Sebuah pagoda kecil setinggi 7.3 meter bewarna emas juga dibangun di atas bongkahan batu emas itu, ditambah dengan ornament lembaran daun emas dibagian bawahnya yang dipasang oleh para peziarah ummat Budha disana.

TERSANGKUT DI SELEMBAR RAMBUT SANG BUDHA. Percaya atau tidak tapi begitulah legenda yang dipercaya oleh masyarakat Budha setempat. kekuatan itu yang menahan batu itu selama 2500 tahun menentang gaya gravitasi membuatnya bertahan dan tak terjatuh.
Hanya saja belum ada penelitian atau literatur yang menyebutkan dengan jelas apakah batu tersebut benar benar dari emas atau batu yang dilapis dengan emas atau batu yang di cat dengan cat emas. Meski begitu beberapa artikel menyebutkan batu tersebut sebagai batu pualam. Mungkin batu pualam yang di lapis atau di cat dengan cat emas.


BENERAN EMAS KAH ?. saya juga tidak tahu. Letaknya jauh banget bro untuk dicapai dengan naik angkot atau metromini. Bisa sampai kesana juga, gak bakalan berani buat nyoel dikit . . . . 
Lagipula bilamana batu itu itu benar benar bongkahan batu emas sesungguhnya, bisa bisa penjaga kuil disana tidak bisa tidur nyenyak sepanjang tahun untuk menjaga keutuhan batu suci bagi Umat Budha itu dari kejahilan para pencuri, penjarah atau para pengutil yang sedang bokek, atau yang pengen cepat kaya mendadak . ***

KHUSU'. Beberapa pendeta Budha sedang khusu' berdoa di samping batu Emas Kyaiktiyo.