Sunday, May 26, 2013

Al-Qur'an Stambul Si Mungil Yang Penuh Misteri

Al-Qur'an mini atau biasa disebut Qur'an Stambul.
Qur;an Stambul atau Al-Qur'an Istambul adalah sebutan yang biasa di identikan dengan mushaf Al-Qur'an berukuran mini, lebih kecil dari kotak korek api. Entah apa hubungannya dengan kota Istambul, Ibukota Kekhalifahan Usmaniah di Turki itu. Yang pasti, bahwa Istambul memang merupakan Ibukota ke khalifahan Islam terahir, sangat masuk akal bila sesuatu yang berhubungan dengan Al-Qur'an di kaitkan dengan kota tersebut.

Qur'an mini, ini sebenarnya banyak dijual meski memang tidak tersedia disemua toko. Jema'ah haji atau umroh dari tanah suci seringkali membawa Qur'an mini ini sebagai oleh oleh. Bentuknya yang unik memang cukup menarik untuk sekedar dikoleksi, karena memang untuk dibaca di keseharian agak sulit karena hurupnya yang terlalu kecil.

Ada cerita menarik tentang Al-Qur'an dengan ukuran yanga sangat mini ini. dari sudut pandang para praktisi spritual, mushaf Qur'an satu ini disebut sebut sebagai Al-Qur'an yang tidak dicetak oleh manusia. Qur'an Stambul konon di buat oleh golongan jin muslim untuk membantu manusia muslim. kenapa bisa begitu.

Mushaf Qur'an stambul yang dimaksud adalah, mushaf Qur'an dalam ukuran mini tersebut, keseluruhan aksaranya ditulis menggunakan tinta emas khusus yang dapat menyala dalam gelap dan tetap dapat dibaca dengan mata normal tanpa bantuan kaca pembesar, meski ukurannya sangat mini.

Kenapa menyala dalam gelap ?. karena konon memang dulunya pada suatu masa, segolongan muslim mendapatkan tentangan yang teramat keras dari penguasa sehingga tidak memungkinkan bagi mereka untuk membaca Al-Qur'an di kondisi normal karena sangat membahayakan keselamatan mereka. maka segolongan Jin Muslim membantu mereka dengan membuatkan Qur'an Stambul dengan kriteria yang disebutkan tadi. 

Ada satu hal lagi yang cukup menarik, setidaknya cukup menarik untuk dibuktikan, itupun bila anda penasaran. Konon Qur'an Stambul "yang asli" memiliki pamor yang luar biasa sampai sampai aliran air pun "segan untuk menyentuhnya". Dengan pengertian bahwa seandainya Qur'an stambul tersebut diletakkan di aliran sungai, maka aliran air yang terhalang oleh Qur'an tersebut akan menghindarinya dengan naik ke atas, tanpa berani mengalir menyentuh apalagi melangkahi Qur'an tersebut.

Di Nigeria, negeri di Afrika itu pernah dihebohkan oleh seorang bayi yang disebut sebagai ajaib karena ada Al-Qur'an mini nan imut itu di dalam genggaman tangannya saat lahir dari rahim ibu-nya. Berita tersebut begitu menyedot perhatian masyarakat setempat dan tak pelak menimbulkan dampak bagi masyarakat sekitarnya, termasuk bagi keluarga si bayi yang sebelumnya adalah keluarga non muslim dan langsung memeluk Islam paska kejadian tersebut.

menarik bukan ?. apakah itu hanya dongeng, legenda, mitos atau memang fakta ? Wallohuwa'lam.