Thursday, August 29, 2013

Laba laba berwajah manusia di Kelurahan Gelumbang

Laba laba Gelumbang
Saya bukan ahli biologi atau zoology jadi tidak tahu laba laba satu ini masuk dalam jenis apa, tapi bentuknya yang tak lazim itu yang menarik perhatianku. Laba laba berwajah manusia, kan aneh ya. Atau mungkin sama sekali tidak aneh bagi para ahli yang memang sudah menggeluti dunia yang satu itu.

Ukurannya tak telalu besar, seluruh rentangan kakinya kira kira seukuran telapak tangan orang dewasa. Lukisan wajah itu tebentuk dari bulu bulu halus yang menutup bagian atas kepalanya, sedangkan bagian lainnya terlihat normal. Bisa jadi hal itu merupakan salah satu trik hewan satu ini menakut nakuti predator yang mengintainya.

Jenis yang seperti ini bukan satu satunya jenis laba laba dan hewan yang menyerupai wajah manusia. Bila anda searcing di internet, anda akan menemukan ada banyak jenis lainnya.
Saya temukan hewan satu ini di kelurahan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, provinsi Sumatera Selatan, secara tak sengaja saat ziarah ke makam para leluhur disana di libur lebaran yang baru lalu.

Sempat kaget karena tiba tiba hewan ini menempel di kepalaku, reflek kutepis dengan tangan dan ketika jatuh di dedaunan di lantai hutan langsung membuatku tertarik untuk menyimak dengan sekasama plus bertingkah sableng dengan bertanya “hei, kamu yang berwajah manusia, bisa ngomong gak?”, Gubr@x.