Wednesday, August 28, 2013

Yang manakah kepribadian anda : Wortel, telur atau serbuk kopi ?

keep smile
Ketika berhadapan dengan ujian hidup, secara alamiah manusia mengalami perubahan dalam dirinya. Bila ujian hidup di ibaratkan sebagai air panas yang mendidih, mungkin kita bisa mencontohkan wortel, telur dan serbuk kopi untuk mewakili kepribadian manusia ketika berhadapan dan melewati ujian kehidupannya masing masing.

Wortel, itu rigit, kaku. Telur itu rapuh, mudah pecah dan ringkih. Sedangkan Serbuk kopi itu tak solid, bercerai berai dan begitu mudahnya sirna tertiup angin. Tapi cobalah masing masing benda itu di rebus ke dalam air panas. Hasilnya adalah :

Wortel yang tadinya kaku dan rigit berubah menjadi lembek, mlempem dan membleh. Telur yang tadinya rapuh, mudah pecah dan ringkih berubah menjadi solid. Sedangkan kopi yang tadinya bercerai berai bahkan mampu mewarnai keseluruhan air panas tempatnya berada, tak hanya itu tapi juga memberikan aroma wangi yang begitu menggoda.

Seperti itulah kira kira sifat manusia ketika berhadapan dengan kesulitan dan ujian kehidupan. Yang tadinya keras, kokoh dan kaku bisa berubah menjadi pribadi dan mlempem saat berhadapan dengan kesulitan hidup. Ada juga pribadi yang tadinya rapuh dan ringkih berubah menjadi pribadi yang tegar dan kuat ketika berhadapan dengan kesulitan dalam hidupnya.

Bahkan ada pula pribadi luar biasa yang tadinya hanyalah pribadi yang nyaris tak berpendirian, tak diperhitungkan tapi kemudian malah mewarnai lingkungannya dan memberikan kontribusi luar biasa mengharumkan diri, keluarga dan lingkungannya. Seperti serbuk kopi dalam air panas.

Terserah kita untuk memilih. Menjadi pribadi seperti apa saat berhadapan dengan kesulitan dan persoalan hidup. Yang pasti manusia yang paling berharga adalah manusia yang paling bermanfaat bagi diri, keluarga dan masyarakat sesuai dengan kapasitas dirinya masing masing.


Tetap tegar, tetap semangat, terus berusaha lanjutkan pertarungan dan jangan pernah menyerah . . . . . . . .